Senin, 02 Maret 2015

Haid Kok Tidak Lancar,Kenapa Ya Bisa Haid Sebulan 2kali Kadang Lebih?

Haid Kok Tidak Lancar,Kenapa Ya Bisa Haid Sebulan 2kali Kadang Lebih? - Haid Tidak lancar merupakan suatu permasalahan yang menimbulkan kekhawatiran para wanita..kenapa kok haid terlalu sering atau tidak normal..tidak lancar? apa ini merupakan suatu penyakit??? Disini Kita akan Memberikan Sedikit Pengetahuan Mengenai Haid Yg tidak lancar ataupun tidak NOrmal... Yuk Di simak.. 

 Haid normal akan mengalami gangguan bila Ibu memakai kontrasepsi. Artinya, setiap akseptor KB memiliki risiko untuk tidak cocok dengan metode KB yang dipilihnya, perlu waktu dan proses adaptasi individual. KB suntik bulanan dapat mengatur siklus haid menyerupai siklus normal, tetapi kadang kala pasien tidak cocok menerima hormon dari luar. Tubuh akan menolak obat tersebut bila timbul reaksi ketidakcocokan atau reaksi alergi. 

Bentuk penolakan KB hormonal bisa berupa haid yang tidak berhenti-berhenti, sakit kepala, sakit payudara, atau muntah-muntah. Setelah berhenti KB, reaksi tubuh tidak langsung hilang, tetapi perlu waktu untuk kembali normal dan itu telah dialami oleh Ibu. Penyakit yang dialami oleh perempuan mengenai haid seakan tidak terbatas, salah satu di antaranya adalah penyakit dengan siklus haid yang tidak rutin. 

Andaikata biasanya siklus haid lebih cenderung terhenti dan tidak kunjung datang sampai beberapa bulan, kali ini yang akan kita bahas adalah siklus haid yang berlebihan sehingga mencapai dua kali dalam satu bulan. Keluarnya darah haid dalam jumlah yang bayak membuat perempuan yang mengalaminya merasakan rasa lemas dan lelah. Haid yang berlebihan bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, akan tetapi yang paling mempengaruhi adalah terjadinya ketidakseimbangan hormon. 

Untuk memastikan keadaan kesehatan hormon, dibutuhkan pemeriksaan yang menyeluruh oleh dokter. Pemeriksaan yang harus dijalani adalah meliputi pemeriksaan kadar hormon dengan tes di laboratorium kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan USG kandungan. Kunjungilah secepatnya ke dokter kandungan atau kebidanan untuk menjadwalkan pemeriksaan terpaut dengan keadaan menstruasi yang berlebihan. Sesudah mengetahui penyebab keluarnya darah haid secara berlebihan, pengobatan yang dilakukan biasanya bisa meliputi mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat hormonnnal. Sisihkan waktu untuk mengecek gaya hidup sehari-hari yang dijalani, apakah kesehatan tidak terjaga dengan baik. 

Bagaimana supaya menstruasi tetap lancar dan tidak berlebihan?
Berikut tipsnya:
  •  Sering mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau.
  •  Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, karena akan menhambat proses haid.
  •  Kurangi aktivitas yang melelahkan, jika anda merasa lelah ada baiknya beristirahat sejenak untuk menghindari kelelahan.
  •  Jangan terlalu sering mengangkat benda berat.
  •  Konsumsilah produk kedelai Memperbanyak minum air putih
  •  Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis
  •  Lakukan olahraga ringan secara teratur
  •  Hindari makanan pedas dan makanan cepat saji.
  •  Konsumsi ramuan alami untuk memperlacar haid seperti jamu atau herbal alami. 

Penting sekali untuk membantu memperbaiki keseimbangan hormon dengan menjaga berat badan supaya tetap berada di angka yang ideal serta mempunyai waktu yang seimbang antara olahraga dan beraktivitas. Waktu istirahat yang cukup untuk tubuh bisa membantu menjaga keseimbangan hormon dan membuat siklus haid teratur dan berjalan dengan normal. Jam tidur yang kacau bisa membuat sistem tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.
 Selain itu, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi dengan tidak memakan yang tidak bernutrisi dan banyak mengandung bahan kimia yang tidak baik utnuk tubuh juga sangat dibutuhkan dalam keseimbangan hormon. Kebugaran tubuh yang didapatkan dengan cara berolahraga juga bisa membuat racun-racun yang harus dibuang tubuh butuh perhatian dari setiap perempuan dengan problem menstruasi berlebihan yang sama.
Demikian Artikel Dari Kami..Semoga Bermanfaat Bagi Para Wanita..
Salam Sehat selalu..
24jamnet.blogspot.com